Siapakah Theodore Roosevelt? Kisah Presiden Ke-26 Amerika

Theodore Roosevelt adalah presiden ke-26 Amerika Serikat, lahir pada 27 Oktober 1858 dan meninggal pada tanggal 6 Januari 1919.
Banyak sejarawan menempatkannya sebagai salah satu dari lima presiden AS terbesar sepanjang masa.
Wajah Theodore Roosevelt juga dipahatkan di Gunung Rushmore bersama dengan wajah George Washington, Thomas Jefferson, dan Abraham Lincoln.
Sebagai putra seorang dermawan kaya New York City, Theodore Roosevelt merupakan seorang mahasiswa berprestasi yang lulus dengan predikat magna cum laude dari Harvard pada tahun 1880.
Dia kemudian masuk Columbia Law School, namun keluar saat menjalankan tugas sebagai Anggota Majelis New York.
Dia kemudian menjabat sebagai Gubernur New York dan Wakil Presiden Amerika Serikat sebelum akhirnya menjadi presiden ketika Presiden William McKinley ditembak oleh Leon Czolgosz pada tanggal 6 September 1901.
Theodore Roosevelt terpilih untuk masa jabatan kedua pada tahun 1905 dan menjabat sampai tahun 1909.
Selama masa jabatannya, Theodore Roosevelt menikmati dukungan publik yang luas. Pemilih mencintainya untuk energi, antusiasme, maskulinitas, dan personanya yang kuat.
Dukungan ini memungkinkan Theodore Roosevelt memperluas kekuasaan dan tanggung jawab presiden dan menjadi inspirasi bagi mayoritas penerusnya.
Prestasi politik Theodore Roosevelt termasuk memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian dengan menegosiasikan diakhirinya Perang Rusia-Jepang, mendirikan Departemen Perdagangan dan Tenaga Kerja, mengurangi utang nasional lebih dari 90.000.000 dolar, dan meloloskan undang-undang yang memungkinkan jutaan warga Amerika mendapatkan upah yang adil.
Sebagai penggemar kegiatan outdoor, Theodore Roosevelt adalah pendukung kuat upaya konservasi di AS.
Selama masa jabatannya di Gedung Putih, dia memberikan perlindungan federal untuk hampir 230 juta hektar tanah.
Upaya ini meliputi 51 perlindungan burung federal, 50 hutan nasional, 21 proyek reklamasi, 18 monumen nasional, 5 taman nasional, dan 4 national game preserve.
Upaya konservasi Theodore Roosevelt menjadi langkah politik yang cerdas karena basis pendukungnya meliputi sejumlah besar pemburu dan nelayan.
Selain banyak prestasi politiknya yang mengesankan, Theodore Roosevelt juga diingat untuk kontribusinya dalam berbagai bidang lain.
Dia adalah seorang sejarawan terhormat yang pernah menjabat singkat sebagai President of the American Historical Association dan menulis lebih dari 35 buku.
Selain itu, Theodore Roosevelt juga pernah memimpin ekspedisi ilmiah besar di Afrika dan Amerika Selatan.

0 comments:

Post a Comment