Apa itu Karma? Fakta, Sejarah & Informasi Lainnya

Kata karma berasal dari bahasa Sansekerta, dan sering diterjemahkan sebagai tindakan yang didasarkan kemauan, akibat suatu tindakan, atau takdir.
Penting untuk dipahami bahwa karma bisa dimaknai sebagai tindakan itu sendiri, tidak terbatas pada hasil baik atau buruk dari suatu tindakan.
Beberapa agama yang berasal dari Timur menyebut reaksi tak terelakkan ini sebagai vipaka.
Karma dan vipaka dianggap mejadi dasar hukum kosmis sebab dan akibat.
Konsep karma memiliki tempat sentral pada ajaran Budha dan Hindu karena kedua agama tersebut percaya pada reinkarnasi sebagai sarana pembaharuan rohani.
Dalam arti paling murni, karma adalah tindakan sengaja yang dilakukan oleh seseorang yang mengerti kebaikan atau kejahatan dari tindakan itu.
Karma bisa diumpamakan batu yang menyebabkan riak masa depan dalam arus jiwa seseorang.
Buah dari suatu tindakan dapat dilihat langsung atau baru terlihat setelah beberapa siklus reinkarnasi.
Hikmah efek karma yang mungkin tidak dialami langsung dalam hidup seseorang saat ini adalah agar orang tersebut mempertimbangkan setiap tindakannya dengan hati-hati.
Akumulasi karma buruk dalam beberapa siklus hidup reinkarnasi dapat menyebabkan seseorang mengalami penderitaan seumur hidup pada salah satu siklus hidupnya.
Itu sebab, mereka yang memiliki banyak karma baik akan bereinkarnasi dalam bentuk kehidupan lebih tinggi, sementara mereka yang mengumpulkan banyak karma buruk akan bereinkarnasi menjadi makhluk yang lebih rendah.
Menjadi bisa dipahami ketika karma berisi gagasan kausalitas atau prinsip aksi dan reaksi.
Jika seseorang memilih melakukan kejahatan, misalnya, dia harus menyadari bahwa akan ada harga yang harus dibayar untuk tindakan buruk mereka.
Sebaliknya, jika seseorang melakukan amal baik, maka dia bisa berharap akan mendapatkan balasan baik atas perbuatannya.
Namun, perlu disadari bahwa cara kerja karma tidak selalu bisa dipahami.
Sama seperti dalam konsep agama Samawi bahwa Tuhan bekerja dengan cara yang misterius, karma juga bekerja dengan sama misteriusnya.

0 comments:

Post a Comment